6 Cara Tepat Pilih Colocation Server Terbaik

November 21, 2018 By admin

6 Cara Tepat Pilih Colocation Server Terbaik

Kebutuhan akan data penting dapat dipenuhi setiap saat dengan media penyimpanan yang terjamin. Menyikapi hal ini, pusat data mampu menyimpan semua data organisasi beserta penambahannya dalam jangka panjang. Colocation server adalah rak penyimpanan semua data tersebut. Agar mendapat layanan terpercaya, inilah cara pilih jasa colocation terbaik.

  1. Memilih Kapasitas Penyimpanan yang Sesuai

Ruang penyimpanan yang memadai sekaligus berkualitas kinerjanya tentu sangat diinginkan setiap pihak. Untuk mewujudkan sistem penyimpanan yang berkualitas tersebut, Anda harus berupaya memilih ruang penyimpanan yang memadai. Caranya adalah dengan membandingkan antara kapasitas rak penyimpanan dengan jumlah data yang akan disimpan.

Kapasitas penyimpanannya harus sesuai dengan jumlah data yang akan disimpan. Tak hanya itu, penambahan data dalam jangka panjang juga harus diperhitungkan agar Anda sekaligus mampu memesan rak penyimpanan cadangan. Sebagai langkah terbaik, surveilah beberapa pusat data profesional dan pilih rak penyimpanan yang paling sesuai.

  1. Mempertimbangkan Tier yang Sesuai

Apa itu tier? Tier adalah sistem komunikasi data dalam data center yang mempunyai beberapa tingkatan. Setiap tingkatannya mempunyai kualitas sistem yang berbeda. Anda dapat mempertimbangkan jenis tier yang digunakan. Pilihlah tier yang sesuai agar komunikasi data yang tersimpan dalam rak penyimpanan server tetap berjalan lancar.

Karenanya, sesuaikan kualitas tier yang digunakan demi kelancaran akses data. Terdapat empat tingkat tier dengan tier 1 untuk lingkup kecil dan umumnya untuk pihak yang memasang pusat data sendiri, tier 2 sama dengan tier 1 dengan daya lebih besar, tier 3 dan tier 4 sudah memadai untuk penyimpanan data besar. Tingkat down time-nya yang berbeda.

  1. Memilih Sistem Efisiensi Energi

Sistem efisiensi energi juga sangat penting untuk diperhatikan ketika memilih colocation server. Anda harus mengutamakan rak penyimpanan server data yang meminimalisir penggunaan energi. Hal ini berkaitan dengan efektivitas suplai energi, sehingga energi yang dikeluarkan benar-benar sesuai dengan akses data. Umumnya, tier 3 dan 4 yang menerapkan.

  1. Memperhatikan Stabilitas Jaringan

Tips berikutnya yang harus diperhatikan adalah stabilitas jaringan. Anda dapat memilih rak penyimpanan server yang berkualitas dengan konektivitas stabil dan cepat. Kelancaran akses data ini akan mendukung produktivitas kerja karena berkaitan dengan informasi yang diolah dari data yang diakses. Stabilitas jaringan ini mendukung kelancaran akses data kapan saja.

  1. Memperhatikan Sistem Maintenance

Selain memperhatikan sistem yang berlaku dalam pusat data, Anda juga harus memperhatikan sistem maintenance atau pemeliharaan data yang disimpan dalam jasa colocation. Anda perlu mengetahui sistem pemeliharaan data yang ditawarkan, seperti sistem pendingin di ruang penyimpanan, sistem keamanan data, serta sistem pencegah bencana.

Dengan sistem maintenance yang terjamin, keamanan dan kelancaran akses data akan diperoleh. Anda akan merasa tenang untuk menitipkan server di pusat data demi mendapatkan ruang penyimpanan dan pemeliharaan data terbaik.

  1. Membandingkan Penawaran Harga

Poin terakhir dalam tips pemilihan jasa colocation terbaik adalah dengan membandingkan tingkat harga. Penawaran harga yang ditetapkan oleh setiap data center tentunya berbeda-beda. Untuk mendapat layanan jasa penyimpanan terbaik dengan harga yang sesuai adalah dengan membandingkan antara harga layanan pihak jasa yang satu dengan yang lainnya.

Rangkaian cara tersebut mampu memberikan kemudahan bagi Anda untuk mendapatkan colocation server terbaik. Pemilihan rak penyimpanan data tersebut juga sudah didasarkan pada aspek penting dalam sistem penyimpanan data. Layanan pusat data yang profesional akan memberikan semua jaminan keamanan penyimpanan dan kelancaran komunikasi data.

Pilihan Redaksi

shares