Kenali Nama dan Penyebab Benjolan di Payudara

December 22, 2018 By admin

Kenali Nama dan Penyebab Benjolan di Payudara

Kesehatan payudara sebagai salah satu organ vital yang dimiliki seorang wanita menjadi salah satu hal yang sangat penting untuk dibahas. Bila terdapat benjolan di payudara, kebanyakan wanita akan panic dan langsung mengura bahwa itu tumor. Akan tetapi faktanya tidak demikian, terdapat beberapa nama penyakit yang bisa terjadi akibat benjolan tersebut.

Kista

Salah satu benjolan yang kerap didengar karena seringnya ia bersarang di dinding rahim inibisa juga muncul di area payudara Anda. Benjolan kecil yang berisi cairan ini umumnya berbentuk bulat atau lonjong. Biasanya benjolan kista akan terasa lunak apabila disentuh, namun tidak menutup kemungkinan apabila di beberapa kasus terasa lebih padat.

Munculnya kista disebabkan oleh penumpukan cairan di dalam kelenjar payudara. Para ahli belum menentukan penyebab pasti mengapa hal ini bisa terjadi. Namun demikian dugaan sementara hal ini terkait dengan perubahan hormone pada wanita tersebut ketika siklus menstruasi.

Mastitis

Nama benjolan di payudara yang mungkin bersarang di tubuh Anda selanjutnya adalah Mastitis. Benjolan ini bermula karena adanya peradangan pada jaringan di sekitar payudara yang terkadanng juga disertai infeksi. Peradangan tersebut bisa menimbulkan terbentuknya kumpulan nanah yang terlihat seperti benjolan dari luar.

Pada beberapa kasus Mastitis yang parah, benjolan kecil ini akan berakibat fatal apabila tidak segera ditangani. Walaupun umumnya terjadi pada ibu menyusui, namun tidak menutup kemungkinan bahwa wanita biasa juga dapat mengalaminya.

Lipoma

Merupakan benjolan lemak yang tumbuh tanpa Anda sadari di bawah kulit. Tidak hanya di payudara, benjolan ini juga bisa tumbuh di bagian lain seperti leher, punggung, bahu dan juga perut. Benjolan ini termasuk tumor jinak dan tidak berbahaya, akan tetapi dapat dihilangkan apabila ukurannya cukup besar dan mengganggu. Biasa menimpa orang dengan usia 40-60 tahun.

Fibroadenoma

Benjolan ini merupakan jenis dari tumor jinak yang biasa menyerang wanita dengan renatng usia antara 20 hingga30 tahun. Fibroadenoma sendiri terjadi akibat ketidak seimbangan yang terjadi pada jaringan payudara serta jaringan ikat.

Terdapat dua jenis Fibroadenoma: simple Fibroadenoma yang tidak berbahaya serta complex Fibroadenoma yang dapat memicu kanker. Penyebab pasti dari benjolan ini belom diketahui. Namun kondisi ini bisa dipicu oleh penggunaan pil KB sebelum usia 20 tahun dan juga hormone estrogen pada wanita itu sendiri.

Fibrokistik

Terjadi akibat pertumbuhan jaringan fibrosa yang tidak normal, sehingga menyebabkan munculnya benjolan yang lebih menonjol dibandingkan jaringan lemak. Benjolan ini biasanya menimpa wanita usia 30-50 tahun. Belum diketahui secara pasti penyebabnya, namun dugaan sementara berkaitan dengan perubahan hormon estrogen ketika siklus menstruasi berlangsung.

Terdapatnya benjolan di payudara membuat siapa saja yang mengalaminya patut terserang rasa cemas dan was-was. Oleh karenanya Anda sebagai wanita sering-sering mengecek apakah ada suatu benjolan aneh yang terdapat di organ tersebut. Karena semakin cepat hal tersebut diketahui, semakin cepat pula penangannya.

Pilihan Redaksi

shares